Jumat, 20 April 2012

Robot Penjaga Penjara Mulai Bertugas !


Dunia robot sekarang semakin maju baru-baru ini muncul berita hangat di Reuters.com. Reuters.com memberitakan bahwa ada sebuah robot penjaga penjara yang dibuat oleh ilmuan Korea, yang bertugas untuk mengamankan keamanan dan juga keselamatan para tahanan dan mengurangi beban kerja petugas dilingkungan kerja yang buruk.


Robot ini telah diuji coba disalah satu penjara Korea dengan hasil yang cukup baik. Robot penjaga ini dilengkapi dengan kamera 3D dan software yang dirancang untuk mempelajari perilaku manusia, robot ini mampu untuk mendeteksi aktivitas tahanan abnormal dan melaporkan kembali ke petugas kontroler.

Dengan menggunakan kamera 3D, maka robot akan mendeteksi setiap detail dari tindakan yang terjadi di dalam tahanan. Jadi, ketika ada perilaku yang tidak biasa, robot akan menganalisa dan melaporkan masalahnya ke petugas kontrol. Oleh karena itu, petugas jaga akan segera menuju dan tiba di tempat kejadian dalam waktu singkat.

"Seorang petugas juga dapat menggunakan dua cara untuk mengendalikan robot, sistem nirkabel untuk berkomunikasi dengan tahanan tanpa harus meninggalkan ruang kontrol karena robot ini telah dirancang untuk patroli penjara secara mandiri,. Tapi bisa juga menggunakan iPad untuk mengontrol secara manual.

Berikut ini video bagaimana robot penjaga penjara bertugas:

4 komentar:

  1. bgus jga ni tknlogi tpi bhyanya bs mningktkan pnganggurn.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener juga, saya juga berpikir juga begitu, kalau di Indo pakai beginian pengangguran tambah membengkak ni :)

      Hapus
    2. tapi kalau di Indonesia ini bagus dipakai dengan robot maka tidak akan ada robot terlibat narkoba atau kongkalingkong dengan koruptor

      Hapus